VISI,
MISI DAN TUJUAN SERTA SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN JURUSAN MANAJEMEN
PENDIDIKAN
VISI
Pada Tahun 2025 Program Studi
Administrasi/Manajemen Pendidikan
“Menjadi Pusat
Pengembangan Keilmuan Yang Menghasilkan Lulusan Berkarakter Tangguh, Inovatif Dan Kompetitif Yang
Diakui Secara Global”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang Administrasi /Manajemen Pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan berkarakter tangguh, inovatif dan kompetitif dan diakui secara nasional dan internasional.
- Mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat guna mendukung pendidikan dan kemajuan ilmu manajemen pendidikan.
- Menjalin dan mengembangkan jaringan kerja sama dan kemitraan dengan perguruan tinggi dan intansi terkait baik dalam negeri maupun luar negeri.
- Menjalin dan mengembangkan jaringan kerja sama dan kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan instansi terkait baik dalam negeri maupun luar negeri.
TUJUAN
1. Meningkatkan
kualitas dan daya saing lulusan yang memiliki keahlian
berstandar nasional dan internasional sesuai kebutuhan pengguna lulusan.
2. Meningkatkan
daya saing dan aksepabilitas hasil penelitian,pengabdian dan karya ilmiah dosen
pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
3. Meningkatkan
mutu pembelajaran di program studi Administrasi/Manajemen pendidikan untuk pem-bangunan budaya
mutu perguruan tinggi.
4. Meningkatkan
dan memperluas kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan lembaga
pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN
1.
Lulusan/alumni, strategi :
a. Inovasi
kurikulum menuju Kurikulum Berbasis KKNI dan life skil serta soft
skill secara efektif dan efisien untuk memenuhi tuntutan profesi dan
lapangan kerja
b.
Meningkatkan kegiatan akademik berbasis
karakter yang inovatif, tangguh dan kompetitif
c.
Pengembangkan sistem pembelajaran
terintegrasi pada e-learning di perkuliahan
d.
Meningkatkan daya serap lulusan
manajemen pendidikan di pasar kerja
e.
Melaksanakan pembinaan mahasiswa
berbasis karakter dan sinergitas penguatan hard skill dan soft skill.
f.
Mengembangkan laboratorium administrasi
pendidikan berstandar nasional dan internasional berbasis penelitian dan
pembelajaran berbasis IT.
g.
Mendorong internasionalisasi program
studi (go international).
h.
Pelatihan pengembangan kapasitas
profesi Administrasi/Manajemen Pendidikan
i.
Melaksanakan
silaturrahim mahasiswa dengan dosen yang dirangkaikan dengan kegiatan bakti
sosial dan out bound.
2. Dosen/Staf
Akademik, strategi:
a. Menyebarluaskan
hasil temuan penelitian dosen dan mahasiswa menjadi inovasi-inovasi praktik
manajemen pendidikan di lembaga kependidikan.
b. Meningkatkan
budaya berprestasi (achivement-motivation) bidang penelitian, pendidikan
dan pengabdian.
c. Melaksanakan kegiatan ilmiah
manajemen pendidikan (workshop, seminar, lokakarya) lokal, nasional dan
internasional.
d. Mengembangkan
kecerdasan emosional dan spiritual dosen dan mahasiswa melalui kajian-kajian
religius/dakwah islamiyah, baik secara mandiri maupun kerjasama dengan instansi
terkait.
e. Optimalisasi
peran dosen dan penasehat akademik (PA) dalam pembimbingan mahasiswa dan
pembimbing magang dan PKL.
f. Mengupayakan
terbukanya sumber-sumber pendanaan tambahan baru baik melalui kerja sama
layanan ahli, produk-produk inovatif, dan sumber generating revenue
lainnya.
g. Melibatkan
mahasiswa dalam penelitian dosen secara kolaboratif.
3. Dosen/Staf
Akademik dan mahasiswa, strategi:
a. Mengembangkan
budaya mutu akademik di lingkungan program studi Manajemen Pendidikan.
b. Mengembangkan kultur akademik
dan inovasi kurikulum berbasis kebutuhan dan keunggulan di program
studi manajemen pendidikan.
c. Meningkatkan
penulisan karya ilmiah dosen dan mahasiswa (buku, jurnal/ artikel, proseding)
pada bidang manajemen pendidikan.
d. Pelatihan
penulisan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan melalui jurnal manajemen
pendidikan dan jurnal lainnya yang terakreditasi baik skala regional, nasional
dan internasional bagi dosen.
e. Membentuk pusat
kajian manajemen pendidikan ditingkat program studi.
f. Mengembangkan ruang kuliah dan
perpustakaan berbasis IT.
g. Evaluasi diri
secara ber-kesinambungan guna pengembangan program-program yang dinilai
strategis dan dapat mendukung keberlanjutan pengembangan program studi.
h. Meningkatkan
kualitas dan kuantitas sarana pendukung akademik sebagai media pembelajaran,
4.
Internal target: Universitas, Fakultas, Dosen, mahasiswa dan Eksternal
target: Universitas di dalam luar negeri, lembaga pendidikan dalam dan luar
negeri, Alumni, Organisasi profesi, sekolah. Strategi:
a. Melaksanakan
pendampingan dan pembinaan (fostering) sekolah dengan model manajemen
berbasis sekolah.
b. Meningkatkan joint
research pada tingkat nasional dan internasional.
c. Mengupayakan
sekolah binaan sebagai sekolah unggulan (exellence school).
d. Meningkatkan
pemahaman pengguna lulusan tentang kualifikasi dan kompetensi lulusan manajemen
pendidikan.
e. Temu kolegial
alumni Program Studi Manajemen Pendidikan secara lebih intensif dan
melaksanakan program kerja organisasi alumni.
f. Mengembangkan kerja sama
pelatihan supervisi dan penulisan karya ilmiah bagi guru pada jenjang SD, SLTP
dan SLTA
g. Mempererat
kerja sama simetrikal dengan pemerintah daerah, instansi-instansi terkait
terutama lembaga/institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri berdasarkan
azas kemitraan dan saling menguntungkan dalam rangka penerapan MBS, penyaluran
lulusan, pembinaan minat bakat, karir mahasiswa, dan penguatan program studi
dalam mengghadapi tantangan di era global.
h. Sosialisasi
peranan Program Studi Administrasi/Manajemen Pendidikan kepada masyarakat
terutama kepada pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan Nasional berkaitan
dengan berbagai kebijakan pemerintah dibidang manajemen pendidikan.
Sumber
Buku Panduan Masa Orientasi Mahasiswa Baru 2015 Jurusan Manajemen Pendidikan UNG
Buku Panduan Masa Orientasi Mahasiswa Baru 2015 Jurusan Manajemen Pendidikan UNG
MP FIGHTING :)
BalasHapus